Kamis, 11 Juni 2009

Copy Paste, mematikan kreativitas



Ditulis dalam kategori Tip Lain, oleh RYAN

Dari meningkatnya jumlah trackback blog yang mempublikasikan ulang artikel blog Belajar Tutorial Photoshop ini, saya rasakan hanya membuat sedih. Memang saya tidak melarang jika ada yang mempublikasikan artikel / tutorial di blog ini, asal masih memenuhi persyaratan seperti yang saya tulis di halaman Kesepakatan dan Aturan Penggunaan.

Lalu kenapa tutorial-tutorial yang di kopas tuntas itu membuat saya sedih? Karena dengan kopas maka itu menunjukkan bahwa orang yang melakukan kopas adalah orang yang hanya mengejar target update blog mereka. Selain itu juga menunjukkan orang yang malas berpikir dan hanya ingin yang serba instant.

jangan copy pasteMaaf kalau saya mempunyai pandangan seperti itu, karena saya memang tidak suka dengan blog yang isinya hanya kopi paste.

Kalau alasan melakukan kopas itu karena senang dengan artikel / tulisan saya kenapa tidak disimpan saja di komputer. Jika ingin memberitahu orang lain tentang artikel yang disenangi, kenapa tidak membuat tautan saja ke blog Belajar Tutorial Photoshop ini atau langsung ke alamat url artikel yang disenangi.

Anggaplah sebuah blog itu adalah sebuah rumah. Anda datang ke rumah seseorang kemudian melihat perabotan yang Anda senangi. Jika Anda merasa senang dengan perabotan tersebut, apakah pantas jika Anda membawa pulang perabotan milik tuan rumah. Walaupun pemilik rumah mengijinkan, tentunya kita jangan bertamu kemudian pulang sambil membawa meja kursi milik rumah yang kita datangi.

Dengan membuat blog yang isinya diambil dari blog lain (kopas), itu akan mematikan kreativitas dan kemampuan menulis pelaku kopas.

Kita hidup hanya sekali, itupun dengan durasi umur yang sangat pendek. Kenapa kita menyia-nyiakan umur kita dengan tidak belajar. Dengan membuat blog yang isinya artikel Anda sendiri, yang Anda tulis sendiri, maka secara langsung kita sudah belajar menulis.

Kemampuan menulis akan semakin terasah dari waktu ke waktu, jika Anda sering berlatih menuangkan pikiran Anda dalam bentuk tulisan.

Saya tidak melarang jika tutorial di blog ini dipublikasikan di blog lain, namun seperti yang saya tulis di awal tulisan, bukan berarti saya menginginkan seperti itu. Karena kalau Anda melakukan kopas, itu sangatlah merugikan. Yang paling rugi adalah pelaku kopas itu sendiri. Karena:

  • Blog yang isinya hanya kopas tidak akan bagus posisinya di mesin pencari (Google, Yahoo, dan sebagainya). Jika ternyata bisa bagus pun, itu tidak akan bertahan lama. Karena tiap mesin pencari tidak menyukai blog yang isinya hanya sama persis dengan blog lain.
  • Kemampuan menulis pelaku kopas tidak akan bertambah.
  • Ditinggalkan pengunjung. Karena mayoritas pengunjung blog akan malas membaca blog yang isinya sama dengan blog lain.
  • Dengan membuat terlalu banyak tautan ke sumber artikel, blog pelaku kopas akan rugi karena banyak tautan yang keluar dari blog.
  • Jika pelaku kopas sama sekali tidak membuat tautan ke sumber artikel, ini selain merugikan blog sumber kopas, juga pelaku kopas itu sendiri. Jika artikel tersebut diaku sebagai milik / hasil tulisan pelaku kopas, menunjukkan bahwa pelaku kopas bermoral seorang pencuri.
    Belum lagi kalau pemilik asli artikel tersebut marah, Anda bisa dituntut dengan pelanggaran hak cipta, blog Anda bisa dihapus indeknya di mesin pencari. Kadang tanpa dilaporkan pun, kalau mesin pencari menganggap sebuah blog isinya hanya hasil copy paste bisa langsung dihapus indeknya.
    Jika blog Anda menggunakan fasilitas blog yang gratis, ada kemungkinan blog Anda dihapus oleh penyedia fasilitas blog gratis tersebut.

Lalu kenapa saya menyediakan kode-kode yang ada di bawah setiap artikel? Itu karena saya tidak mampu melarang agar isi blog ini tidak di copy paste orang lain. Dari pada tutorial yang ada di blog ini di copy paste dengan sembunyi-sembunyi, dan saya akhirnya pusing sendiri karena marah, maka saya relakan saja asal mengikuti aturan yang saya tentukan.

Bagi yang masih nekad ingin mempublikasikan ulang tutorial photoshop di blog ini, harap mempertimbangkan banyaknya kerugian yang Anda alami. Lebih bagus sebuah rumah sederhana dengan perabotan milik kita sendiri, daripada sebuah rumah mewah dengan perabotan milik orang lain, apalagi hasil curian. Lebih bagus lagi sebuah rumah mewah dengan perabotan milik kita sendiri.

Buat apa membuat blog jika isinya hanya hasil copy paste. Belajarlah menulis sendiri. Paling tidak, mulailah menulis sendiri setelah Anda selesai membaca tulisan ini.

Tutorial yang terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar