Kamis, 11 Juni 2009


Ditulis dalam kategori Tip Lain, oleh RYAN

Mungkin agak aneh kalau saya menuliskan tutorial cara mengisi komentar. Karena cara menuliskan komentar dalam sebuah blog adalah suatu hal yang sudah lazim. Namun bagi yang jarang atau bahkan belum pernah menuliskan komentar pada sebuah blog mungkin terjadi kebingungan, apa lagi seperti saya yang awam akan istilah-istilah internet (bisa membuat blog juga baru tahun kemarin).

Saya mengetahui ini dari sejumlah komentar yang masuk di blog Belajar Tutorial Photoshop ini, ada beberapa kesalahan pada pengisian kotak alamat situs. Ada beberapa isian yang salah, misalnya diisi dengan judul komentar, alamat search engine yang digunakan, alamat komentator, nama panggilan komentator, ataupun yang lainnya.

Saya rasa ini karena ketidak jelasan istilah yang saya gunakan sendiri, tidak menggunakan tulisan alamat website (seperti model form komentar ini yang dulu). Tapi menggunakan istilah URI (Uniform Resource Identifier). Ada juga yang menyebut sebagai URL (Uniform Resource Locator).

gambar kotak komentar

Jika komentator mempunyai situs / blog, maka bagian tersebut diisi saja dengan alamat situs / blog Anda. Sehingga kalau ada para pembaca lain, juga penulis blog ingin mengunjungi blog Anda, bisa dengan cara mengeklik tautan yang muncul pada nama Anda. Jika tidak mempunyai maka tidak perlu diisi. Yang penting dan diisi hanya nama dan alamat emailnya saja.

Bagi yang sebelum ini pernah mengisikan dengan salah tidak usah khawatir, sudah saya betulkan sebelum saya approve komentarnya.

Bagi yang belum punya blog dan ingin mempunyai, bisa membuatnya di blogger atau wordpress (gratis membuatnya, sing penting sudah punya email), ataupun di penyedia fasilitas blog yang lain.

Kalau isi komentar tentunya terserah pada isi hati / pikiran komentatornya. Walaupun saya moderasi, komentar selalu saya approve, tapi memang harus menunggu saya login dulu. Tapi kalau isinya cuma tulisan ora nggenah dan “bahasa satwa” mulai sejak bulan yang lalu tidak lagi saya approve.
Wis ben wae, sakkarepku.

Sebagai tambahan, jika ingin foto Anda muncul saat mengisikan komentar, bisa membuat gravatar dulu, caranya sudah pernah saya tulis di sini. Walaupun tidak punya blog juga tetap bisa menggunakan gravatar (sekali lagi, pokoke nduwe email). Dengan menggunakan avatar maka Anda bisa lebih mengekspresikan seperti apa diri Anda.
:D

Tutorial yang terkait


Tidak ada komentar:

Posting Komentar