Kamis, 11 Juni 2009

Ukuran undangan pernikahan


Ditulis dalam kategori Tutorial Photoshop Lanjut, oleh Sadewo

Pada artikel tutorial photoshop kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan undangan pernikahan, sesuai dengan permintaan dari beberapa teman. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah yang sifatnya umum. Pengertian umum disini maksudnya bahwa saya tidak akan membahas tentang cara pembuatan gambar-gambarnya, karena untuk membuat gambar / desain tergantung pada kemampuan pembuatnya sendiri.

Kemampuan disini berarti bahwa agar kita bisa membuat sebuah gambar desain, kita harus mempunyai kreativitas, dan imajinasi. Dan tentu saja pemahaman atas tool-tool atau tehnik pada photoshop.

Dari beberapa tutorial yang pernah saya bahas di blog Belajar Tutorial Photoshop ini, sebenarnya sudah mencukupi untuk membuat sebuah gambar desain. Anda bisa menerapkan pemahaman Anda tentang pembuatan seleksi, cara menggabung gambar, mengganti warna, dan tutorial photoshop lainnya.

Undangan pernikahan, secara umum mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Yang pasti, karena undangan pernikahan ini akan dicetak, maka resolusi yang digunakan antara 300 hingga 600 dpi.

Berikut ini beberapa contoh ukuran yang bisa digunakan sebagai undangan pernikahan.

tutorial photoshop undangan pernikahan 1

tutorial photoshop undangan pernikahan 2

tutorial photoshop undangan pernikahan 3

Tentang pemilihan jenis huruf, biasanya undangan pernikahan menggunakan jenis huruf hias. Huruf-huruf ini terdapat banyak di internet, tinggal Anda cari saja di google, atau di mesin pencari lain. Begitu juga dengan bentuk-bentuk ornamen yang digunakan.

Salah satu hal yang biasa muncul pada undangan pernikahan adalah sebuah kotak yang digunakan untuk menempatkan nama dan alamat orang yang diundang. Kotak seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan Rounded Rectangle Tool.

Jangan lupa sebutkan nama kedua mempelai berikut nama orang tua / keluarganya. Demikian juga dengan waktu pelaksanaan pernikahan dan alamatnya. Jika perlu, buatkan juga denah tempat berlangsungnya acara. Denah alamat akan lebih mudah cara pembuatannya dengan CorelDraw.

Sertakan juga kata-kata mutiara. Biasanya kedua mempelai sudah mempunyai bayangan / rancangan sendiri tentang kata-kata tersebut. Jika belum, maka carilah sendiri kata-katanya. Jika mempelai tersebut beragama Islam biasanya menggunakan ayat-ayat Al Qur’an, hadist, puisi-puisi karangan pujangga Islam.

Berikut ini beberapa ayat Al Qur’an yang biasa disertakan dalam undangan pernikahan.

  • Qs. Ar. Ruum (30) : 21
    Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.
    Selain ayat tersebut, bisa juga beberapa ayat berikut ini:
  • Qs. An Nisaa (4) : 1 sampai 3
  • Qs. An Nahl (16) : 72
  • QS. Al-Isra (17) : 32
  • QS. An Nuur (24) : 26
  • QS. An Nuur (24) : 32
  • Qs. Yaa Siin (36) : 36
  • QS. Adz Dzariyaat (51) : 49
  • QS. Al-A’raf (7) : 189

Barangkali ada yang membutuhkan, silahkan Anda kunjungi juga www.quranexplorer.com.

Bagi yang beragama lain, mohon maaf saya tidak punya refensinya. Tapi tentunya itu mudah dicari, karena Anda bisa mencontoh dari undangan-undangan pernikahan yang sudah ada atau yang pernah Anda terima. Sebagai tambahan referensi, Anda bisa mengunjungi www.sabda.org.

Saya dulu hobi mengoleksi undangan-undangan pernikahan. Sebenarnya dulu sudah terkumpul banyak, rencananya juga untuk referensi membuat undangan (dulu saya pernah juga bekerja sebagai tukang sablon). Namun sekarang entah dimana kumpulan koleksi saya tersebut, sudah banyak yang hilang.

Apabila Anda ingin melihat beberapa contoh undangan pernikahan, Anda bisa berkunjung di blog mas Adamska.

Saya mohon maaf, bahwa saya hingga saat ini belum bisa membuat contoh undangan pernikahan. Jika saya dipaksa harus membuat sebuah undangan, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini, agak aneh dan menyedihkan (walaupun mungkin yang merasa sedih ya cuma saya sendiri).

tutorial photoshop undangan perceraian

Mungkin besok suatu ketika kalau saya sudah bisa membuat undangan pernikahan akan saya buatkan contohnya di blog ini.

Selamat mencoba membuat undangan pernikahan dengan Photoshop ataupun CorelDraw / CorelPhotopaint. Segeralah menikah bagi yang sudah siap. Dan selamat menikah bagi yang sudah , dan bagi yang ingin nambah seperti saya.
:)

Tutorial yang terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar